Gunung Api di Bawah Laut Sangihe Talaud / Sangir Talaud

Di kedalaman 2.000 meter Tim Ekspedisi Sangihe Talaud mengidentifikasi adanya gunung api dengan suhu kurang lebih 300-400 derajat celcius dibawah laut Sangihe Talaud pulau Sulawesi. Penelitian yang dilakukan Tahun 2010 lalu ini melibatkan 32 ilmuwan Indonesia dan 12 ilmuwan asal Amerika dengan menggunakan kapal riset Okeanos Explorer Melalui Pusat Komando Penelitian di kantor Badan  Riset Kelautan dan Perikanan Departemen Kalautan dan Perikanan di Ancol Jakarta Utara dan di Seattle, Amerika Serikat.

Sugiarto Wirasantosa selaku ketua Tim Riset Indonesia mengatakan bahwa : ” diperairan Sangihe Talaud ada aktivitas vulkanik, tetapi belum diketahui hingga kini seberapa aktif”. Sementara itu Soeharsono juga mengatakan bahwa pada tahun 2003 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah bekerja sama dengan australia untuk mengidentifikasi gunung api di bawah laut Sangihe Talaud. pada waktu itu ditemukan kandungan larutan yang keluar dari perut bumi, kemudian membentuk cerobong-cerobong. diantaranya mengandung emas.

Sejalan dengan temuan diatas, juga terungkap adanya kehidupan aneka hewan dan tumbuhan laut serta species lainnya di kedalam hingga ribuan kilometer dari permukaan laut Sangihe Talaud Provinsi Sulawesi Utara.

sumber: kompas.com

%d bloggers like this: