Faktor-faktor yang Mempengaruhi Daya Nalar

Tipe-tipe daya nalar siswa yang dimaksudkan adalah kemampuan siswa dalam menerima materi pelajaran. Dalam menerima pelajaran masing-masing siswa itu memiliki karakter yang berbeda, dan semua itu dipengaruhi oleh dua faktor antara lain :

1. Kondisi fisiologis

Kondisi ini menyangkut kondisi jasmani sesorang. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar terutama dari segi kemampuan siswa menalar atau mencermati materi-materi pelajaran. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap belajar seseorang orang dalam keadaan segar jasmaninya akan berbeda dengan orang yang dalam keadaan kelelahan, anak yang kurang gizi berbeda dengan yang tidak kekurangan gizi. Kelelahan, kekurangan gizi dan sebagainya dapat menimbulkan kelelahan, ngantuk dan tidak mudah menerima pelajaran.( Mudjiono, 2002)

Dari pernyataan di atas, maka dapatlah difahami bahwa faktor fisiologi akan sangat mempengaruhi kemampuan anak dalam menalar materi-materi yang diberikan oleh guru, sebab kondisi fisiologis akan berkaitan dengan usaha mensinergikan seluruh potensi indera anak terutama dalam proses belajar mengajar. Sementara proses pembelajaran adalah proses penanaman konsep, dan keterampilan kepada anak didik.

2. Kondisi psikologis

Kondisi psikologis tidak kala pentingnya dengan kondisi fisiologis dalam proses belajar mengajar. Bahkan ekspresi yang muncul dalam sikap seorang anak merupakan aspek psikologis yang akan mendasari aktivitas belajar anak.

%d bloggers like this: