Cintai Dirimu Apa Adanya

Perasaan mencintai seseorang adalah hal yang sangat mudah dilakukan bahkan perasaan itu akan datang dengan sendirinya tanpa kita sadari.. Namun tidak demikian dengan perasaan cinta terhadap diri sendiri (bagi sebagian orang), hal ini bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Anda bisa melihat, betapa seseorang rela menyakiti dirinya sendiri hanya karena telah dikecewakan oleh seseorang yang dicintainya. Lihat pula seseorang misalnya, yang nekad mengakhiri hidupnya karena himpitan ekonomi, frustasi dan lain sebagainya. Mungkin anda atau juga saya, yang dulunya begitu memperhatikan penampilan dan akhlak di mata masyarakat tapi karena satu alasan tiba-tiba berubah..

Pentingkah mencintai diri sendiri ??

Anda yang berhak menentukan jawabannya untuk diri anda.. Saya hanya menganalogikannya dengan sederhana,, Ketika anda terus dan terus memberikan cinta anda kepada orang lain tanpa memberikannya kepada diri anda maka ini sama halnya dengan menguras bahan bakar  kendaraan anda tanpa mau mengisinya kembali, akhirnya mengering.. demikian pula dengan diri anda yang lambat laun akan mengalami kekosongan cinta dalam hati.. dan ketika cinta yg anda berikan tadi berakhir sia-sia maka cinta itu akan berganti dengan benci.. bahkan anda mungkin akan membenci cinta untuk selama-lamanya..

Bagaimana mencintai diri sendiri ??

Sekali lagi, anda yang lebih paham ‘bagaimana mencintai diri anda’.. Namun yang patut anda pahami bahwa mencintai diri bukan berarti menggunakan diri anda sebagai objek cinta.. Mencintai diri berarti menumbuhkan cinta dari dalam diri. Dimana hal ini akan berdampak pada suatu kondisi kesadaran dan sikap yang benar-benar terwujud dalam perilaku sehari-hari.. Seni mencintai diri sendiri dapat dimulai dengan penerimaan diri apa adanya.. Hari ini kita mulai belajar menerima keadaan. percayalah itu adalah awal yang baik…

dan terakhir,, Ketika anda merasa sudah bisa menerima dan mencintai diri anda apa adanya.. patutlah saya sampaikan “jangan berlebihan” karena Tuhan tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan…. “Cintai dirimu apa adanya…”

 

salam hangat…

 

6 Comments

  1. Citra Taslim said,

    March 15, 2012 at 8:18 am

    karna diri kita yang paling dekat dengan kita. sudah sewajarnya ia dicintai dengan wajar.

  2. onesetia82 said,

    March 15, 2012 at 9:05 am

    hem betul sekali dan setuju banget gan kita meski mencintai diri sendiri jika diri kita patut dicintai …😀

  3. sunarno2010 said,

    March 16, 2012 at 2:24 am

    kalau tidak mencintai diri sendiri bagaimana kita bisa berharap orang lain mencintai kita

  4. Dewasastra said,

    March 16, 2012 at 4:40 am

    @Citra : tepat …🙂

    @ Onesetia82 : makasih gan…🙂

    @ Sunarno2010: benar tuh pa’…🙂

    @Asyim : Makasih atas jempolx…🙂

  5. March 16, 2012 at 12:29 pm

    Mencintai diri sendiri dalam takaran yg pas, agar tak terjerumus ke lembah egoisme🙂


%d bloggers like this: