Kurikulum Berbasis Kompetensi / KBK

Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi (Competency-Based Curriculum) adalah kurikum pendidikan yang menjadikan kompetensi sebagai acuan pencapaian tujuan pendidikan (Competency-Based Curriculum). (Nurhadi, Burhan Yasin, Agus Gerrad Senduk, 2004 : 111). Dari pengertian tersebut di atas dapat disimpulan bahwa Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam pencapaian tujuan pendidikan menggunakan strategi pembelajaran agar peserta didik bisa terhadap pelajaran yang telah dipelajari bukan hanya sekedar tahu.

Pengertian Kompetensi

Menurut MC Ashan (1981 : 45) yang dikutip oleh Mulyasa “Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan yang dikuasai oleh seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya, sehingga ia dapat melakukan perilaku-perilaku kognetif efektif dan psykomotorik dengan sebaik baiknya”. (Mulyasa, 2002 : 38). Menurut Finch dan Crumkilton (1979 : 222) yang dikutip oleh Mulyasa : “mengartikan kompetensi sebagai penguasaan terhadap suatu tugas, ketrampilan, sikap dan apresiasi yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan”. (Mulyasa, 2002 : 38).

Dengan beberapa pengertian tersebut diatas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa kompetensi mencakup tugas, ketrampilan, sikap dan apresiasi yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk dapat melaksanakan tugas-tugas pembelajaran sesuai dengan jenis pekerjaan tertentu.

1 Comment

  1. March 8, 2012 at 5:54 am

    […] Adapun penerapannya komponen-komponen pembelajaran KBK ini dapat dijabarkan sebagai berikut. [baca juga: pengertian KBK] […]


%d bloggers like this: