Hakikat Akhlak

Pengertian Akhlak

Secara bahasa : akhlak berasal dari kata khalaqah, yang kata asalnya khuluqun, yang artinya perangai / tabiat, atau khulqun, yang artinya kejadian, buatan / ciptaan. Akhlak, atau sistem perilaku terwujudkan melalui proses aplikasi sistem nilai atau norma yang bersumber pada Al- Qur’an dan sunnah.  Berbeda dengan etika yang terbentuk dari sistem nilai / norma yang berlaku secara alamiah dalam masyarakatnya pada diomensi waktu dan ruang tertentu (A.M Syaefudin, 1993:200).

Akhlak dalam ajaran Agama tidak dapat disamakan dengan etika. Jika etika dibatasi dengan sopan santun antar sesama manusia, serta halnya berkaitan dengan tingkah laku lahiriah. Sedangkan Akhlak [baca juga: Akhlak dan Perilaku Anak] sangat luas maknanya karena mencakup beberapa hal yang tidak merupakan sifat lahiriah. Karena Akhlak berkaitan dengan sifat batin dan pikiran. Akhlak dalam ajaran agama mencakup berbagai aspek, dimulai dari akhlak terhadap Allah, hingga kepada sesama makhluk manusia, binatang,tumbuh-tumbuhan serta benda – benda tak bernyawa (Quraish Shihab, 1997:260).

4 Comments

  1. tuaffi said,

    March 5, 2012 at 7:41 pm

    wew..🙂 nice share

  2. March 6, 2012 at 2:14 am

    […] sasaran Akhlak [baca juga: Hakikat dan Pengertian Akhlak], yakni […]

  3. March 6, 2012 at 3:35 am

    […] atau watak .Ia juga bermakna maru’ah, addin atau fitrah.1 Pada hakikatnya Akhlak [baca juga : Hakikat Akhlak] mengandung arti penyifatan tentang gambaran batin seseorang, gambaran jiwa, ciri-cirinya dan […]


%d bloggers like this: