Ide Kreatif Untuk Menulis

Temukan ide Kreatif untuk menulis dari diri sendiri… Saya sedang memperlajari sesuatu, dan benar ini salah satu yg sedang saya pelajari.. Ide Kreatif untuk menulis.. Untuk apa saya harus mempelajarinya ?? benar.. paling tidak saya dapat meminimalisir konten hasil copy paste di blog saya .. berikut ini adalah cara paling mudah dan sederhana ..

  1. Bagaimana pendapat anda terhadap berita sehari-hari ??. saya percaya, ini adalah sumber yg baik untuk menciptakan opini baru.. temukan cerita nyata berdasarkan informasi media, analisa dan uraikan dengan perspektif yg berbeda, ajak pembaca untuk melihat dari sudut pandang anda. Salah atau benar pendapat anda biarkan publik yang menilai karena posisi anda saat ini adalah sebagai penulis bukan komentator. Anda adalah penulis bukan Tuhan Yang Maha Benar…๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
  2. Ceritakan apa yang anda sukai. Mulailah dengan hal-hal yang benar-benar anda sukai, mengapa anda menyukainya, lalu fikirkan bagaimana cara anda menyampaikan dan bagaimana anda melakukannya..
  3. Temukan apa yang orang lain harus pahami. Khususnya sesuatu yang menurut anda tidak dipahami oleh orang lain, dan anda ingin mereka mengetahuinya. Tampilkan kebenaran dan kenyataan dari berita/cerita yang saat ini sedang dibicarakan. Lalu tunjukkan mengapa itu begitu penting karena pada dasarnya, sebagian besar orang menyukai kebenaran dan kenyataan dari pada cerita fiksi..
  4. Temukan apa yang paling penting menurut anda. Jangan paksa publik untuk memilih sebuah prinsip.. jadilah penengah.. misalnya dalam permasalahan politik.. berikan pendapat anda yang menunjukkan apa yang akan terjadi ketika prinsip politik ini diikuti dan ketika tidak diikuti. Jadi jelas bahwa disini anda berperan sebagai media informasi atau sebut saja informan dan bukan provokator..
  5. Bagaimana perasaan anda. Emosi adalah sumber inspirasi terbesar jika anda ‘mendekatinya’ dengan cara positif dan benar. Saat ini anda sedang marah misalnya.. maka katakanlah dari mana kemarahan itu, (karena ketidak adilan dan kebohongan misalnya), lalu suguhkan pendapat anda tentang manfaat bersikap adil dan arti sebuah kejujuran.
  6. Temukan topik yang kontroversial. Seperti dinamika perilaku masyarakat homoseksual, kasus sodomi, pembunuh berantai atau masalah perampokan yang kian marak. lalu sampaikan dengan cara yang baik dan positif. Uraikan permasalahan tersebut dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Dari kitab suci yang anda yakini misalnya, dari segi hukum atau secara psikologis dan kesehatan. Tutup dengan solusi yang baik.
  7. Yang terpenting adalah ‘be your self’…

“Lebih baik menulis dan melakukannya sekarang”

6 Comments

  1. March 4, 2012 at 11:36 am

    i love write๐Ÿ™‚ blogger = penulis n penulis belom tentu blogger๐Ÿ˜€

    • dewasastra said,

      March 5, 2012 at 4:00 am

      Benar… Penulis belum tentu blogger tapi pastinya Blogger adl penulis,,,๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  2. March 5, 2012 at 1:52 am

    Saya selalu mengkampanyekan yang nomer empat itu kepada setiap teman yang ngeblog karena itu merupakan salah satu dari doktrin jalan tengah, jurnalisme damai. Yaitu penulisan yang mencerahkan, bukan memprovokasi. Kita memberikan pembaca sebuah pilihan yang masing-masing mereka ketahui konsekuensinya. Terserah mereka mau milih yang mana.๐Ÿ™‚

    Mengenai topik kontroversial itu sangatlah mudah ditemukan, tulis saja yang mendekati dengan dunia “perlendiran”, pasti akan “laku keras” di search engine.๐Ÿ˜€

    • dewasastra said,

      March 5, 2012 at 3:53 am

      Mantabzzz.. sayangnya saya belum sempat mengkampanyekannya ke teman- teman,,, saya baru memulainya dari diri sendiri… Insya Allah nanti,,๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  3. dwikis said,

    March 6, 2012 at 2:06 pm

    setuju dengan tips poin 7: ‘be your self’ (menjadi diri sendiri). kalau konsisten, saya rasa anda selalu menjadi manusia pembelajar yang kian hari kian menanjak mutu tulisannya. salam kenal dari kesayupan….

  4. March 11, 2012 at 7:15 am

    […] Ide kreatif untuk menulis […]


%d bloggers like this: