Cabang-cabang Ilmu Antropologi

Agar dapat memahami ruang lingkup ilmu antropologi, kita harus mengetahui cabang-cabangnya serta memahami hubungan antara yang satu dengan lainnya. Secara garis besar, Antropologi digolongkan menjadi dua bagian yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya. Sementara arkeologi dan linguistik masuk pada antropologi budaya walaupun pada kenyataannya kedua cabang ilmu tersebut berdiri sendiri secara akademis.

  1. Antropologi Fisik. Antropologi fisik mempelajari manusia sebagai makhluk fisik yang berkembang dan hendak ditentukannya bagaimana dan apa sebabnya. cabang ini terdiri dari dua bentuk yaitu Paleontologi manusia dan variasi manusia. Bidang paleontologi manusia mempelajari tentang munculnya manusia dan perkembangannya sedangkan bidang variasi manusia mempelajari bagaimana dan apa sebabnya manusia masa sekarang berbeda secara biologis.
  2. Antropologi Budaya. Umumnya istilah kebudayaan mencakup cara berfikir dan cara berlaku yang merupakan ciri khas suatu bangsa atau masyarakat tertentu. Lebih dari itu, kebudayaan juga terdiri dari hal-hal seperti bahasa, ilmu pengetahuan, hukum-hukum, kepercayaan, agama, kegemaran makanan tertentu, musik, kebiasaan pekerjaan, larangan-larangan dan sebagainya.

Sebagaimana telah disebutkan tadi bahwa pada dasarnya bidang arkeologi, linguistik dan etnologi merupakan bagian dari antropologi budaya. Namun demikian, secara akademis ketiga bidang ini berdiri sendiri.

Demikianlah uraian singkat mengenai cabang-cabang ilmu antropologi . Semoga bermanfaat… :-)

About these ads
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

%d bloggers like this: