10 Kompetensi Guru

Guru yang profesional adalah mereka yang mampu mengakomodasikan dimensi instrik dan dimensi instrumental. Dalam pengertian, semampu dan seterampil serta serelevan apapun lulusan pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja, tidak akan berarti banyak, manakala para guru tidak dapat memberikan bekal moral kepada anak didik mengenai hakekat hidup, dan moralitas semacam apa yang diperlukan anak didik untuk hidup di masyarakat.[1]

Sehingga itu untuk menjalankan tugas-tugas sebagai seorang guru yang profesional secara efektif dan efisien, para guru harus memiliki kompotensi tertentu. Di Indonesia telah ditetapkan sepuluh kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sebagai instructional leader, yaitu :

  1. memiliki kepribadian ideal sebagai seorang guru,
  2. penguasaan landasan pendidikan,
  3. menguasai bahan pengajaran,
  4. kemampuan menyusun program pengajaran,
  5. kemampuan melaksanakan program pengajaran,
  6. kemampuan menilai hasil dan proses belajar-mengajar,
  7. kemampuan menyelenggarakan program bimbingan,
  8. kemampuan menyelenggarakan administrasi sekolah,
  9. kemampuan bekerja sama dengan sejawat dan masyarakat,
  10. kemampuan menyelenggarakan penelitian sederhana untuk keperluan pentgajaran.[2]

[1] Prof Dr. Sudarwan  Danim, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, (Cet I Pustaka Pelajar, 2003), h. 193

[2] Ibid, h. 198-199

Artikel Terkait :

Tinjauan Umum Profesi Guru

About these ads
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 34 other followers

%d bloggers like this: