Metode Pendidikan Islam Lengkap!!

Pendidikan merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Sebab pendidikan secara alami telah menjadi kebutuhan manusia. Pendidikan telah menjadikan manusia berada pada posisi dwi tunggal. Di mana manusia manusia menjadi subjek sekaligus objek pendidikan. Pendidikan merupakan persoalan yang unik sekaligus komleks, menyangkut semua komponen yang terkandung didalam pendidikan. Diantaranya menyangkut metode yang digunakan atau ditetapkan. Khususnya metode pendidikan Islam terdapat beberapa macam contoh  bentuk metode yang biasa digunakan. Diantaranya :

  • Metode Ceramah. Metode ceramah adalah suatu cara memberikan pengertian dan uraian terhadap suatu masalah yang disampaikan oleh guru secara lisan (W. James Pophan, dan Eva L. Baker, 2003)
  • Metode Tanya Jawab. Metode tanya jawab adalah penyampaian pesan pesan pengajaran dengan dengan cara mengajukan pertanyaan dan siswa menjawab atau sebaliknya siswa diberikan kesempatan dan guru menjawab.
  • Metode Diskusi. Metode diskusi adalah merupakan cara mempelajari pelajaran dengan cara mendebatkan permasalahan tersebut dengan saling beradu argumentasi secara rasional dan objektif sehingga ditemukan solusi pemecahan masalah tersebut dari tangapan peserta didik.
  • Metode Eksperimen. Metode eksperimen adalah cara mengajar dimana siswa melakukan percobaan tentang suatu hal, mengamati prosesnya serta menulis hasil percobaan kemudian hasil pengamatan itu akan dipresentasikan didepan teman-temannya.
  • Metode Demonstrasi. Metode demonstrasi adalah merupakan suatu teknik mengajar kepada peserta didik dalam bentuk peragaan untuk memperlihatkan suatu proses atau cara melakukan sesuatu.(Zakiyah Drajat, dkk)
  • Metode Sosiodrama. Metode ini merupakan upaya menunjukan tingkah laku yang berkaitan dengan peristiwa sosial dan psikologis yang sulit dipahami apabila hanya dijelaskan dengan kata-kata saja, maka perlulah didramatisi dimana siswa berperan aktif (dipartisipasikan) dalam peristiwa tersebut.
  • Metode Karya Wisata. Metode karya wisata adalah suatu metode pengajaran yang dilaksanakan diluar kelas untuk menunjukan suatu hal atau peristiwa yang memiliki hubungan dengan materi pengajaran. Metode ini biasanya dilakukan dengan mengajak peserta didik kesuatu tempat seperti museum, pantai, sungai, gunung, kolam, taman, atau tempat tempat lain sesui dengan  materi yang sudah diajarkan.
  • Metode Resitasi. Metode ini merupakan metode pemberian tugas-tugas khusus yang dikerjakan diluar jam pelajaran atau disebut pekerjaan rumah. Namun metode ini merupakan metode yang diterapkan pada saat pembelajaran berlansung dimana siswa diperintahkan menginformasikan fakta-fakta berupa data yang didapatkan dari laboratorium, perpustakaan, dan sumber-sumber belajar lainnya.
  • Metode Drill. Metode drill merupakan metode pengajaran melalui pelatihan-pelatihan peserta didik terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan. Agar siswa memiliki kecakapan dan keterampilan yang lebih tinggi terhadap pelajaran yang telah berlalu atau yang telah diajarkan dan dipelajari.
  • Metode Simulasi. Metode ini memiliki pengertian bahwa suatu usaha untuk memperoleh pemahaman akan hakikat dari suatu konsep atau prinsip atau ketrampilan tertentu melalui proses kegiatan atau latihan dalam situasi tiruan.
  • Metode Kerja Kelompok.      Metode kerja keompok adalah merupakan salah satu dari sekian metode pendidikan dimana peserta didik dibagi menjadi beberapa regu (dikelompokkan) sesuai dengan kemampuan dan minatnya untuk memecahkan masalah atau menyelesaikan tugas guna tercapainya suatu tujuan pengajaran dengan sistem gotong royong.
  • Metode Proyek. Metode proyek adalah upaya penyajian materi dalam memecahkan masalah dengan memecahkan masalah dengan langkah-langkah ilmiah, logis, dan sistematis. (Roestiyah N.K, 2001)
  • Metode Nasihat. Yang dimaksud metode nasihat ialah penjelasan tentang kebenaran dan kemaslahatan dengan tujuan menghindarkan orang yang dinasehati dari bahaya serta menujukannya kejalan yang mendatangkan kebahagiaan dan mamfaat.
  • Metode cerita. Metode kisah mengandung arti suatu cara menyampaikan materi dengan menceritakan tentang kronologis bangaimana terjadinya suatu hal baik yang sebenarnya terjadi maupu hanya rekaan saja.
  • Metode keteladanan. Metode keteladanan merupakan salah satu metode pendidikan melalui pemberian contoh, baik berupa tingkah laku, sifat, cara berfikir, dan sebagainya. Namun keteladanan disini yang dimaksud adalh keteladan yang baik.
  • Metode pembiasaan. Metode pembiasaan dapat diartikan sebagai suatu cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan peserta didik berfikir dan bertindak sesuai dengan tuntunan ajaran agama islam.
  • Metode kisah. Metode kisah adah salah satu penyampaian materi dengan menuturkan sutu peristiwa sejarah hidup umat manusia dimasa lampau yang menyangkut ketaatnnya atau kemungkarannya dalam hidup terhadap perintah tuhan yang dibawakan nabi atau rasul yang hadir diantara mereka.
  • Metode targieb dan tarhieb. Metode targieb dan tarhieb yaitu cara memberikan pelajaran dengan memberikan dorongan (motivasi) untuk memperoleh kegembiraan bila mendapat suskses dalam kebaikan, sedangkan bila tidak sukses karena tidak mengikuti petunjuk yang benar akan mendapatkan kesusahan.
  • 19. metode taubat dan ampunan. Metode taubat dan ampunan yaitu cara membangkitkan jiwa dari rasa frustasi kepada kesegaran hidup dan optimisme dalam belajar seseorang, dengan memberikan kesempatan memperbaiki kesalahan kesalahan yang telah lampau yang diikuti dengan penyesalan atas dosa dan kesalahnya. Sehingga memungkinkan timbulnya sikap dan perasaan mampu berbuat yang lebih baik lagi di iringi rasa optimis dan harapan harapan hidup dimasa depan.
About these ads

2 Comments

  1. Me & Beirut said,

    March 20, 2012 at 7:41 pm

    Hi :-) You visited my blog once, so I’m finally on yours ;-) Sorry can’t click on “like” because I don’t understand anything ;-) Which language is this?

  2. pimgo said,

    March 25, 2012 at 6:55 pm

    salam kenal bro….dari Gorontalo, sy admin http://dotgorontalo.blogdetik.com/ yg pernah anda komentari dan lg mencoba mengembangkan blog eksprimen, jia berjodoh, kita barter link ya… link blog anda sudah saya pasang di blog asuhan saya yg ini
    http://pimgorontalo.blogspot.com/


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: