Pengertian Prestasi Belajar

Prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari yang telah dikerjakan / dilakukan. Dengan demikian prestasi belajar adalah “penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai yang diberikan guru”.
  
Jika dikaitkan dengan “standar” dalam mengukur sebuah prestasi maka paling tidak ada dua aspek tolak ukur yang digunakan yaitu :
  1. Standar erat hubungannya dengan tujuan pendidikan yang harus dicapai sekolah sesuai dengan kurikulum. Tujuan ini dapat dikemukakan dalam bentuk tujuan kognitif maupun non kognitif, tetapi juga dapat dibuat operasional dalam bentuk dan perilaku nyata.
  2. Kemampuan sesuatu jenis sekolah untuk mencapai tujuan dapat diungkapkan dalam bentuk statistik deskriptif.
    Berdasarkan kedua hal di atas, maka untuk mengukur suatu prestasi adalah sejauhmana capaian kognitif dan non kognitifnya yang dicapai sekolah dan harus sesuai dengan kurikulum. Menurut Ausubel belajar dapat diklasifikasikan ke dalam dua dimensi. Dimensi pertama adalah berhubungan dengan cara informasi atau materi yang disajikan pada siswa, melalui penerimaan dan penemuan. Dimensi kedua menyangkut bagaimana cara siswa dapat mengaitkan informasi itu pada struktur kognitif yang telah ada.  Oleh karena untuk mengukur prestasi belajar sebenarnya siswa harus dapat mengasimilasi materi pelajaran. Berikut ini penulis paparkan bentuk – bentuk belajar menurut Ausubel dan Robinson, (1969)

    Ausubel menyatakan, bahwa banyak ahli pendidikan menyamakan belajar penerimaan dengan belajar hafalan, sebab mereka  berpendapat bahwa belajar bermakna hanya terjadi bila siswa menemukan sendiri pengetahuan. Akan tetapi menurutnya belajar penerimaan pun dapat dibuat bermakna, yaitu dengan cara menjelaskan hubungan antara konsep–konsep. Dengan demikian bahwa prestasi belajar adalah kemampuan untuk memadukan berbagai teori–teori belajar, dalam hal ini juga penguasaan terhadap aspek kognitif dan non kognitif.
Referensi
Departemen Pendidikandan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1997
Tursten Husen, Masyarakat Belajar, Jakarta : Raja Grafindo Persada, t.th
Ratna Wilis Dahar, Teori – teori Belajar, Jakarta : Aerlangga, 1989
About these ads
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: